Pengertian
E-Business secara garis besar :
E-Business
adalah kegiatan transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis
melalui kegiatan elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat berhubungan
langsung dengan customernya , rekan bisnis ataupun supplier. E-business juga
bisa berupa iklan , mengajak seseorang untuk membeli produk kita . tanpa
E-business , E-commerce hanyalah burung tanpa sayap. Salah satu fungsi nya adalah
untuk mensupport bagian dari marketing , produksi , accounting , finance dan
HRM. Lebih tepatnya perusahaan menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk
menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan
keuntungan.
E-business
dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok :
A. Customer
Relationship Management (CRM)
Strategi
bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan ,
pendapatan dan kepuasan pelanggan.
B. Enterprise
Resource Planning (ERP) Strategi bisnis dari system informasi perusahaan yang
dgunakan untuk koordinasi Sumber daya , informasi yang digunakkan untuk proses
bisnis.
C. Enterprise
Application Programs (EAI)
Strategi
bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan
saling bertukar data.
D. Supply
Chain Management (SCM) Strategi Manajemen rantai suplai yang secara otomatis
terkomputerisasi.
1) Pelaku
E-Business
Perusahaan, konsumen,
perusahaan, supllier, rekan bisnis
2) Alat/Media/Sumber
Daya yang Digunakan
Teknologi informasi dan
komunikasi
Komputer
Internet
3) Kegiatan
Sasaran
Kegiatan bisnis
Proses bisnis utama
Pembelian, penjualan,
pelayanan, transaksi
4) Tujuan
Koordinasi, Komunikasi dan Pengelolaan organisasi
Koordinasi, Komunikasi dan Pengelolaan organisasi
Sharing informasi
5) Keuntungan
Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
Efisien dan Efektif
Peningkatan produktivitas dan
keutungan
PENERAPAN E-BUSINESS DI INDONESIA
Perusahaan
swasta yang menerapkan sistem e-business di Indonesia sudah banyak sekali dan
salah satunya adalah PT.Gramedia Asri Media.
Anak
perusahaan dari Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan
nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota di Indonesia. Perusahaan
ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1970 dengan diawali dari
satu toko buku kecil berukuran 25m² di daerah Jakarta Barat dan sampai tahun
2002 telah berkembang menjadi lebih dari 50 toko yang tersebar di seluruh
Indonesia. Selain menyediakan buku, toko-toko Gramedia juga menyediakan
berbagai produk lain seperti alat tulis , perlengkapan kantor , alat
olahraga , dll.
Perusahaan
ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku baik dalam
maupun luar negeri. Dari kelompok usahanya sendiri, pemasok ke Toko Buku
Gramedia antara lain adalah Gramedia Pustaka Utama , Elex Media Komputindo , Gramedia Widya Sarana , Bhuana Ilmu Populer ,
dan Gramedia Majalah ,
sementara dari luar negeri misalnya Prentice Hall , McGraw Hill , Addison Wesley , dll.
Berikut
teknologi yang diterapkan pada website gramedia.com ;
1.Website
gramedia.com berada dalam fase brick and click. Dimana setelah
melakukan registrasi pada gramedia.com, kita dapat memesan buku sesuai
dengan keinginan kita. Setelah memilih buku yang kita mau, website untuk
pemesanan langsung berubah menjadi gramediashop.com. Pemesanan yang kita
lakukan kemudian dikirimkan ke bagian customer service untuk dimasukkan ke
dalam form pemesanan. Kemudian pemesan menunggu respon dan konfirmasi dari
bagian customer service yang akan dikirimkan ke email untuk menyelesaikan
proses pemesanan dengan membayar menggunakan sistem transfer ke Rekening BCA
atas nama PT Kompas Cyber Media dengan nomor rekening 0123019048 (Jl. Gajah
Mada No.112 Jakarta Pusat).
2. Model
business toko konvensional dengan website yang dimiliki oleh Gramedia mempunyai
hubungan yang cukup erat dimana Gramedia juga menyajikan dan menginformasikan
buku-buku new release pada websitenya. Pada Gramedia, model business yang
diterapkan adalah in-house division, dimana ada divisi khusus yang tugasnya
mengurusi dan mengupdate website Gramedia.
3. Pada
toko Gramedia ataupun website Gramedia juga menjual buku-buku dari penerbit
lain, selain dari menjual buku-buku terbitan Gramedia. Bisnis model dari
Gramedia adalah pelanggan tidak perlu datang ke toko buku Gramedia jika ingin
membeli buku, dapat lewat online (website Gramedia). Untuk servis model dari
Gramedia adalah dengan tersedianya pesan antar (delivery) bagi pemesanan dan
pembelian buku secara online. Revenue Model untuk Gramedia adalah pendapatan
yang diterima langsung oleh Gramedia setelah transaksi via transfer berhasil
diterima untuk pembelian buku yang dilakukan oleh pemesan (telah masuk ke
rekening BCA atas nama PT Kompas Cyber Media).
4. Gramedia
tidak terlalu berfokus pada marketplace restructuring, karena website ini
sebetulnya diperuntukkan untuk masyarakat yang tidak ada waktu untuk datang ke
toko buku. Website ini dibuat untuk mempermudah pemesan dalam mencari informasi
tentang buku yang diinginkan dan memesan buku yang diinginkan tanpa harus
repot-repot ke toko buku.
5. Market
development strategies dari Gramedia adalah dengan menerapkan e-business.
Dimana penerapan e-business yang dilakukan pada Gramedia tentunya agar Gramedia
meraih sekmen pasar yang lebih luas (sekmen pasar yang belum diraih dapat
diraih) juga revenue yang lebih besar lagi. Product development strategies pada
website Gramedia saat ini hanya berfokus pada penjualan buku saja. Target
market dari Gramedia adalah orang-orang yang sibuk yang tidak punya waktu luang
untuk membeli buku di toko buku, sehingga Gramedia mempermudah dengan
menyediakan website dimana orang-orang tersebut dapat memesan buku secara
online, dan setelah di transfer akan di delivery ke alamat yang diminta oleh
pemesan.
6. Untuk
memantapkan posisi produk dan servisnya, Gramedia menjalankan beberapa
strategi. Salah satunya Gramedia memungkinkan pelanggannya memesan produk
secara online. Strategi lainnya adalah harga yang ditawarkan oleh Gramedia
secara online (website) juga sama seperti toko buku Gramedia karena terdapat
diskon khusus untuk buku-buku tertentu. Biaya yang masih harus dikeluarkan oleh
pemesan adalah ongkos kirim berdasarkan pada berat buku yang dipesan biasanya
hitungannya per kg. Gramedia juga menjalankan transactional excellence dimana
pelanggan Gramedia bisa mendapat kepuasan transaksi yang maksimal dengan
membeli lewat website Gramedia (pesan, transfer, dan dapatkan buku yang
dipesan).
Komentar
Penulis:
Tentunya
website ini masih belum sempurna dan kekurangan dari website ini adalah
terletak pada proses pemesanan yang dilakukan sangat tidak praktis, dimana
pemesan tidak langsung dapat menggunakan kartu kredit. Tetapi dengan menunggu
dulu konfirmasi via email dan harus transfer. Gramedia sebaiknya meningkatkan
pelayanannya untuk belanja online yang dimilikinya dengan lebih memfokuskan
lagi pada transaksi online dan juga lebih dipermudah jika ada yang mau memesan
buku secara online karena sekarang ini persaingan yang ada di pasar semakin
ketat.
Gramedia
juga menambah tidak hanya menjual buku tetapi beberapa produk lain seperti yang
terdapat pada toko bukunya. Untuk sistem pembelanjaan online Gramedia pun masih
terdapat kekurangan karena masih memerlukan konfirmasi dan respon yang
dikirimkan via email. Namun kedepannya diharapkan sistem pembelian pada website
Gramedia dipermudah sehingga pemesan tidak perlu menunggu lama untuk
bertransaksi di website Gramedia.
Posting Komentar