Yudi Wijaya

Simple and Fast

Kamis, 16 Oktober 2014 di 09.21 Diposting oleh Unknown 0 Comments



Pengertian E-Business secara garis besar :

E-Business adalah kegiatan transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan customernya , rekan bisnis ataupun supplier. E-business juga bisa berupa iklan , mengajak seseorang untuk membeli produk kita . tanpa E-business , E-commerce hanyalah burung tanpa sayap. Salah satu fungsi nya adalah untuk mensupport bagian dari marketing , produksi , accounting , finance dan HRM. Lebih tepatnya perusahaan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan.

E-business dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok :
      A.  Customer Relationship Management (CRM)
Strategi bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan , pendapatan dan kepuasan pelanggan.

     B. Enterprise Resource Planning (ERP) Strategi bisnis dari system informasi perusahaan yang dgunakan untuk koordinasi Sumber daya , informasi yang digunakkan untuk proses bisnis.

      C.  Enterprise Application Programs (EAI)
Strategi bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan saling bertukar data.

    D. Supply Chain Management (SCM) Strategi Manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi.

1)      Pelaku E-Business 
Perusahaan, konsumen, perusahaan, supllier, rekan bisnis

2)      Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan 
Teknologi informasi dan komunikasi
Komputer
Internet
  
3)      Kegiatan Sasaran
Kegiatan bisnis
Proses bisnis utama
Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi

4)      Tujuan
Koordinasi, Komunikasi dan Pengelolaan organisasi
Sharing informasi

5)      Keuntungan
Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
Efisien dan Efektif
Peningkatan produktivitas dan keutungan

PENERAPAN E-BUSINESS DI INDONESIA
Perusahaan swasta yang menerapkan sistem e-business di Indonesia sudah banyak sekali dan salah satunya adalah PT.Gramedia Asri Media.
Anak perusahaan dari Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1970 dengan diawali dari satu toko buku kecil berukuran 25m² di daerah Jakarta Barat dan sampai tahun 2002 telah berkembang menjadi lebih dari 50 toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain menyediakan buku, toko-toko Gramedia juga menyediakan berbagai produk lain seperti alat tulis , perlengkapan kantor , alat olahraga , dll.

Perusahaan ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit  buku baik dalam maupun luar negeri. Dari kelompok usahanya sendiri, pemasok ke Toko Buku Gramedia antara lain adalah Gramedia Pustaka Utama , Elex Media Komputindo , Gramedia Widya Sarana , Bhuana Ilmu Populer , dan Gramedia Majalah , sementara dari luar negeri misalnya Prentice Hall , McGraw Hill , Addison Wesley , dll.

Berikut teknologi yang diterapkan pada website gramedia.com ;


    1.Website gramedia.com berada dalam fase brick and click. Dimana setelah melakukan registrasi pada gramedia.com, kita dapat memesan buku sesuai dengan keinginan kita. Setelah memilih buku yang kita mau, website untuk pemesanan langsung berubah menjadi gramediashop.com. Pemesanan yang kita lakukan kemudian dikirimkan ke bagian customer service untuk dimasukkan ke dalam form pemesanan. Kemudian pemesan menunggu respon dan konfirmasi dari bagian customer service yang akan dikirimkan ke email untuk menyelesaikan proses pemesanan dengan membayar menggunakan sistem transfer ke Rekening BCA atas nama PT Kompas Cyber Media dengan nomor rekening 0123019048 (Jl. Gajah Mada No.112 Jakarta Pusat).

     2. Model business toko konvensional dengan website yang dimiliki oleh Gramedia mempunyai hubungan yang cukup erat dimana Gramedia juga menyajikan dan menginformasikan buku-buku new release pada websitenya. Pada Gramedia, model business yang diterapkan adalah in-house division, dimana ada divisi khusus yang tugasnya mengurusi dan mengupdate website Gramedia.

     3. Pada toko Gramedia ataupun website Gramedia juga menjual buku-buku dari penerbit lain, selain dari menjual buku-buku terbitan Gramedia. Bisnis model dari Gramedia adalah pelanggan tidak perlu datang ke toko buku Gramedia jika ingin membeli buku, dapat lewat online (website Gramedia). Untuk servis model dari Gramedia adalah dengan tersedianya pesan antar (delivery) bagi pemesanan dan pembelian buku secara online. Revenue Model untuk Gramedia adalah pendapatan yang diterima langsung oleh Gramedia setelah transaksi via transfer berhasil diterima untuk pembelian buku yang dilakukan oleh pemesan (telah masuk ke rekening BCA atas nama PT Kompas Cyber Media).
  
   4. Gramedia tidak terlalu berfokus pada marketplace restructuring, karena website ini sebetulnya diperuntukkan untuk masyarakat yang tidak ada waktu untuk datang ke toko buku. Website ini dibuat untuk mempermudah pemesan dalam mencari informasi tentang buku yang diinginkan dan memesan buku yang diinginkan tanpa harus repot-repot ke toko buku.
  
    5. Market development strategies dari Gramedia adalah dengan menerapkan e-business. Dimana penerapan e-business yang dilakukan pada Gramedia tentunya agar Gramedia meraih sekmen pasar yang lebih luas (sekmen pasar yang belum diraih dapat diraih) juga revenue yang lebih besar lagi. Product development strategies pada website Gramedia saat ini hanya berfokus pada penjualan buku saja. Target market dari Gramedia adalah orang-orang yang sibuk yang tidak punya waktu luang untuk membeli buku di toko buku, sehingga Gramedia mempermudah dengan menyediakan website dimana orang-orang tersebut dapat memesan buku secara online, dan setelah di transfer akan di delivery ke alamat yang diminta oleh pemesan.

     6. Untuk memantapkan posisi produk dan servisnya, Gramedia menjalankan beberapa strategi. Salah satunya Gramedia memungkinkan pelanggannya memesan produk secara online. Strategi lainnya adalah harga yang ditawarkan oleh Gramedia secara online (website) juga sama seperti toko buku Gramedia karena terdapat diskon khusus untuk buku-buku tertentu. Biaya yang masih harus dikeluarkan oleh pemesan adalah ongkos kirim berdasarkan pada berat buku yang dipesan biasanya hitungannya per kg. Gramedia juga menjalankan transactional excellence dimana pelanggan Gramedia bisa mendapat kepuasan transaksi yang maksimal dengan membeli lewat website Gramedia (pesan, transfer, dan dapatkan buku yang dipesan). 

Komentar Penulis:

Tentunya website ini masih belum sempurna dan kekurangan dari website ini adalah terletak pada proses pemesanan yang dilakukan sangat tidak praktis, dimana pemesan tidak langsung dapat menggunakan kartu kredit. Tetapi dengan menunggu dulu konfirmasi via email dan harus transfer. Gramedia sebaiknya meningkatkan pelayanannya untuk belanja online yang dimilikinya dengan lebih memfokuskan lagi pada transaksi online dan juga lebih dipermudah jika ada yang mau memesan buku secara online karena sekarang ini persaingan yang ada di pasar semakin ketat. 
Gramedia juga menambah tidak hanya menjual buku tetapi beberapa produk lain seperti yang terdapat pada toko bukunya. Untuk sistem pembelanjaan online Gramedia pun masih terdapat kekurangan karena masih memerlukan konfirmasi dan respon yang dikirimkan via email. Namun kedepannya diharapkan sistem pembelian pada website Gramedia dipermudah sehingga pemesan tidak perlu menunggu lama untuk bertransaksi di website Gramedia.

0 Responses so far.

Posting Komentar