Sumber :
http://sanggamtogatorop.blogspot.co.id/2014/10/layanan-telematika-informasi-keamanan.html
http://ardiwit2.blogspot.co.id/2014/11/layanan-informasilayanan.html
A. Layanan Informasi
Layanan
telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika
menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak seperti mobil
untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS, Layanan ini menyatukan
sistem komunikasi dengan kendaraan seperti mobil untuk memberikan informasi
kepada masyarakat.
Contoh dari
layanan informasi tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Dan beberapa contoh
lainnya adalah :
- M – Commerce
- VOD
- News and weather
- Telematik Terminal
- Jasa pelayanan internet
- Informasi lalu lintas terbaru
B. Layanan
Keamanan
Layanan
keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam
jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini juga
membantu untuk mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan
menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini
adalah memberikan peningkatan keamanan tertentu untuk jaringan serta untuk
memantau dan memberikan informasi jika sesuatu berjalan tidak seharusnya.
Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya
dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.
C. Layanan
Context Aware & Event Base
Dalam ilmu
komputer terdapat pernyataan bahwa perangkat komputer mempunyai kepekaan dan
dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan
aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalamnya. Gagasan inilah yang
diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness.
Context-awareness
merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network
itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user,
berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Sebagai contoh : ketika seorang user sedang mengadakan acara pesta ulang
tahunnya, maka context-aware pada mobile phone yang dimiliki user akan langsung
menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan acara ulang tahun dan akan menolak
semua panggilan telepon yang tidak berkaitan dengan acara tersebut. Pada
sekarang ini sangat dibutuhkan suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi
user untuk mengakses informasi setiap saat user membutuhkannya. Yang disebut
context-aware computing yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan menjadi
trend yang penting untuk dikembangkan kedepannya. Dengan adanya context aware,
user tidak perlu selalu memberikan input yang secara eksplisit untuk membuat
komputer menjalankan tugas-tugasnya.
Beberapa
bagian dari context awareness telah mulai dikembangkan. Misalnya LBS:
location-based service. Ketika user mencari keyword tertentu, maka user akan
memperoleh hasil yang dibutuhkan tergantung pada posisi user itu berada. Ini
juga dapat digabungkan dengan beberapa data dan informasi yang di inputkan dari
user. Sebagai contoh user tersebut mencari data lokasi dimana posisi keberadaan
user sekarang berada.
D. Layanan
Perbaikan sumber (Resource Discovery Service)
Layanan
telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery
Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan
utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi
layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya
manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas
dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan
digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan
akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
1. Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan
kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.
2. Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada
pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.
Dari kedua
bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua
aspek, yaitu :
1. Pengembangan
peningkatan kapasitas industry.
2. Pengembangan
layana publik.
Sasaran
utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :
a) Peningkatan kinerja layanan public
yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan masyarakat,
pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator pembangaunan.
b) Literasi masyarakat di bidang
teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan today
generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Posting Komentar